6 Cara Cek Kehamilan yang Bisa Dilakukan di Rumah


Kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu terutama bagi pasangan baru. Ketika merasakan ciri-ciri telat haid, perut sering terasa penuh seperti masuk angin dan badan pegal mungkin saja menjadi ciri seseorang sedang hamil. Namun untuk menentukan apakah seorang wanita positif hamil perlu dilakukan cek kehamilan. Cara cek kehamilan ternyata bisa dilakukan di rumah. Bagaimana caranya?

Cek Kehamilan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut adalah beberapa cara untuk cek kehamilan dari rumah. Meski begitu, selalu cara lebih baik adalah datang ke dokter untuk memastikan kondisi tersebut.

Menggunakan Gula

Cara tes kehamilan dengan gula bisa dilakukan dirumah. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan simple. setelah bangun pagi tampung urine ke dalam mangkuk lalu dicampur kan dengan 3 sendok gula. Setelah itu tunggu beberapa menit.

Ketika gula mudah melebur dalam urine maka hasilnya negatif. Namun jika gula menggumpal maka hasilnya positif hamil.

Menggunakan Garam

Cek kehamilan bisa juga menggunakan garam yang biasa digunakan untuk bumbu dapur. Anda bisa mencampurkan garam pada urine yang sudah ditampung dalam sebuah wadah. Nantinya hormon HCG dalam urine akan bereaksi ketika sudah tercampur dengan garam. Ketika hasilnya positif maka campuran garam dan urine akan menjadi larutan putih mirip seperti susu.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi bisa menjadi sarana tes kehamilan secara alami. Anda harus menggunakan pasta gigi berwarna putih. Cara tes kehamilan dengan pasta gigi yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes urine dengan pasta gigi lalu diaduk. Setelah itu diamkan selama beberapa menit.

Ketika pasta gigi berubah menjadi warna biru dan berbusa maka artinya tanda positif hamil.

Menggunakan Baking Soda

Anda juga bisa memanfaatkan baking soda untuk mengecek kehamilan. Bahan ini bisa memberikan keakuratan sebanyak 70%. Campurkan baking soda satu sendok makan dengan beberapa tetes urine dan letakkan pada wadah mangkuk.

Diamkan campuran antara baking soda dan urine tersebut beberapa menit. Ketika terdengar suara mendesis maka artinya tes kehamilan positif. Namun jika terjadi reaksi sebaliknya maka hasilnya akan negatif.

Menggunakan Biji Gandum

Anda juga bisa memanfaatkan biji gandum sebagai cara cek kehamilan alami. Teknik ini sudah sejak dahulu ada dan digunakan oleh wanita Mesir untuk mengetahuinya dirinya sedang hamil atau tidak.

Caranya yaitu dengan meneteskan urine pada biji gandum lalu tunggu beberapa menit. Ketika tumbuh tunas padahal biji gandum yang sudah ditetesi tersebut maka artinya seorang wanita  positif hamil. Keakuratan dari biji gandum ini bisa mencapai 70%.

Daun Dandelion

Daun dandelion atau randa tapak bisa dimanfaatkan untuk tes kehamilan. Caranya juga cukup mudah yaitu menggunakan beberapa lembar daun dandelion lalu letakkan pada selembar kertas. Setelah itu ketika bangun tidur anda bisa menampung urine lalu letakkan pada wadah. Basahi kertas yang terdapat daun dandelion dengan menggunakan urine lalu tunggu beberapa.

Saat warna daun berubah menjadi kemerah-merahan tandanya seorang wanita positif hamil. Namun untuk diperhatikan perubahan warna daun jangan sampai terpapar langsung sinar matahari karena bisa mempengaruhi prosesnya.

6 cara cek kehamilan di atas cukup direkomendasikan dan bisa Anda coba di rumah. jika ragu dengan keakuratan dari tes kehamilan alami menggunakan bahan-bahan di rumah Anda bisa langsung mengunjungi klinik atau rumah sakit terdekat. Salah satu teknik yang sangat direkomendasikan yaitu Klinik BIC Pacific Place.

Anda bisa melakukan janji dengan dokter yang ada di klinik tersebut secara cepat melalui aplikasi Halodoc. Halodoc tidak hanya mempertemukan anda dengan dokter ahli, rumah sakit atau klinik yang tepat tapi juga memberikan informasi kesehatan yang lengkap. Karena memang platform ini dibuat khusus untuk keluarga Indonesia. Berbagai artikel kesehatan yang akurat bisa anda temukan di Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Cek Kehamilan yang Bisa Dilakukan di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel