Sebelum Suntik Vitamin C, Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya versi SehatQ.com


Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C sendiri menjadi sangat bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh paparan dari radikal bebas. Asupan vitamin C di dalam tubuh nyatanya bisa dipenuhi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, suplemen makanan, hingga suntik vitamin C.

Suntik vitamin C merupakan metode perawatan kulit yang dapat dikatakan beberapa tahun terakhir ini banyak dipilih oleh para wanita. Suntik vitamin C jelas memiliki manfaat dan juga efek yang buruk untuk tubuh. Cairan vitamin C sendiri yang disuntikan ke dalam tubuh dapat dilakukan dengan dua cara yakni intramuscular yaitu dengan menyuntikkan di bawah kulit melalui otot dan juga cara subkutan yaitu menyuntikkan lewat pembuluh darah atau yang juga dikenal dengan intravena.

Manfaat Vitamin C

Menurut informasi dari sehatq.com bahwa dosis rata-rata untuk suntik vitamin C khususnya untuk orang dewasa sekitar 7-150mg. sementara untuk orang-orang yang mengalami kekurangan vitamin C disarankan untuk mencapai dosis harian sebesar 300 mg bahkan sampai dengan 1g. Lalu mungkin tidak sedikit yang bertanya suntik vitamin C apakah baik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini manfaat vitamin C yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

1. Menangani Defisiensi atau kekurangan vitamin c

Suntik vitamin C ini dapat dikatakan sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang kekurangan atau defisiensi vitamin C akut. Hal tersebut dilakukan sebab tubuh yang tidak mampu menyerap vitamin C dengan melalui mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Belum lagi orang yang mengalami defisiensi vitamin C akan merasakan gejala berupa gusi berdarah, radang gusi, kecacatan pada perkembangan tulang dan gigi pun bisa saja terjadi.

2. Merawat Kulit

Suntik vitamin C sama saja dengan menggunakan vitamin C yang dioleskan secara langsung pada kulit manfaatnya yaitu bisa membantu merawat kulit keriput ataupun kulit kemerahan yang juga dikenal dengan eritema. Meskipun beberapa orang sangat berharap suntik vitamin C bisa mengurangi keriput pada wajah serta memutihkan kulit, tapi kenyataannya belum ada bukti secara medis akan hal tersebut.

3. Membantu Pembentukan Kolagen

Tahukah Anda jika suntik vitamin C mengandung asam askorbat yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan juga perbaikan jaringan? Kolagen merupakan protein pada tubuh yang bisa menguatkan struktur tubuh. Kolagen sendiri umumnya terdapat pada kulit, tendon, otot, serta tulang. Tidak hanya itu, kekurangan vitamin C bisa berisiko pada struktur kolagen yang berakibat dapat menyebabkan kelainan pada tulang serta pembuluh darah.

4. Menghambat Sel Kanker

Sebuah riset menyebutkan bahwa dengan penyuntikan vitamin C dengan dosis yang tinggi bisa membantu menghalangi berkembangnya sel kanker. Hal ini terjadi karena suntik vitamin C bisa mengurangi perkembangan tumor otak, tumor di indung telur atau ovarium serta tumor pada pankreas. Walaupun hingga detik ini belum teruji secara klinis hal tersebut benar-benar efektif pada manusia.

Selain manfaat vitamin C yang didapatkan melalui suntik vitamin c seperti di atas, Anda juga perlu waspada dengan efek samping yang bisa saja terjadi. Apa saja efek suntik vitamin C? berikut ini beberapa efek yang dapat terjadi.
  • Alergi
  • Gatal dan iritasi
  • Kerontokan rambut yang disebabkan kadar injeksi
  • Glukosa darah semakin meningkat
  • Kinerja hati yang terganggu
  • Risiko pada ginjal
  • Menopause sebelum waktunya
  • Menurunnya produksi hemoglobin
  • Memperbanyak sel kanker.

Jadi apabila Anda ingin melakukan suntik vitamin C alangkah lebih baik untuk konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Untuk ini Anda dapat memanfaatkan fitur chat dokter pada aplikasi SehatQ. Selain fitur chat di aplikasi ini Anda juga bisa melakukan riset dari berbagai artikel kesehatan yang tersedia di aplikasi.

Belum ada Komentar untuk "Sebelum Suntik Vitamin C, Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya versi SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel